Al Qur’an adalah Petunjuk? – Part 2

Maka dari itu, ketika kuliah ini dibuka dengan pertanyaan yang merupakan pengalaman saya, petunjuk apa? Dan bagaimana petunjuk itu bekerja? Saya menggalinya dari sisi kompetensi saya. Yakni yang bersentuhan dengan persoalan hidup anak manusia, dan hajatnya. Persoalan hidup dan hajat manusia, adalah dua yang tidak terpisahkan. Hampir boleh dibilang tidak ada manusia yang tidak punya persoalan hidup. Semuanya punya. Hanya beda-beda. Ada yang persoalannya adalah dunia dengan segala tetek bengek persoalan di dalamnya. Tapi ada lagi yang justru persoalan yang dihadapinya persoalan iman. Tapi semuanya akan punya persoalan hidup masing-masing. Kalaupun tidak punya masalah, ya mesti ada hajatnya.

Dan kiranya pembahasan di kedepan hari ini adalah pembahasan al Qur’an yang dibawa pada pembahasan seputar ini; Kajian al Qur’an yang berkaitan dengan persoalan hidup dan hajat kita semua.

Saudara-Saudaraku semua. Jika diperhatikan, semua kanal Kuliah Online hampir punya warna konten/isi yang seragam. Yakni seputar tauhid, iman, amal saleh. Dan memang dari sinilah saya atas izin Allah mengembangkan kanal-kanal di Kuliah Online ini, termasuk kanal yang sedang Saudara pelajari ini: Kanal Al Qur’an.

Doa saya mudah-mudahan semuanya dalam posisi sebaik-baiknya hati dan keadaan. Semoga Allah memberikan taufiq dan hidayah-Nya, dan semoga Allah berkenan memberikan ilmu-Nya untuk kita. Agar ada hasil dari kajian al Qur’an ini yang berguna buat hidup kita semua.

Untuk mukaddimah ini, Saudara langsung saya ajak melihat ayat-ayat berikut ini. Sebagaimana di kanal-kanal yang lain, mohooooooooonnn Saudara jangan anggap remeh permintaan saya ini. Mohon Saudara buka ayat-ayat yang saya mintakan Saudara untuk membukanya, dan kemudian baca artinya. Jika Saudara punya kitab tafsir, bukalah kitab-kitab tafsir. Bisa baca yang berbahasa arab, ya buka yang berbahasa Arab. Jika tidak, cukup yang berbahasa Indonesia. Kan udah banyak kitab tafsir terjemahan. Syukur-syukur Saudara punya guru untuk bertukar pikiran. Siapa tahu ada yang saya tidak pahami, atau saya tidak berikan, dilengkapi oleh guru-gurunya Saudara. Siapa tahu juga ada kesalahan dari saya. Mudah-mudahan Allah membimbing kita semua.

Dalam usaha Saudara membuka ayat-ayat berikut ini, coba dibaca teks asli dan artinya, jangan sekali. Bulak balik, baca beberapa kali. Sambil meminta agar Allah berikan kepahaman.

Saudara yang baru baca ini mungkin ada yang bertanya, kan belom ada kajiannya Ustadz? Koq udah disuruh melihat ayat-ayat? Ya, betul memang belom ada. Tapi mukaddimah ini udah kajian loh? Dan saya kepengen ketika Saudara nanti mengkaji kajian-kajian di kanal ini, paling tidak sempat membaca ayat-ayat yang bisa menopang perjalana kepahaman terhadap apa yang dikaji. Insya Allah.

Ok, banyak sekali ayat-ayat yang langsung berkaitan dengan al Qur’an. Tapi beberapa saja yang silahkan dibaca. Yakni ayat-ayat berikut ini:

# Qs. al Baqarah: 1-5.

# Qs. al Baqarah: 185.

# Qs. al Baqarah: 269.

# Qs. Aali ‘Imroon: 1-10.

# Qs. Aali ‘Imroon: 129-139.

# Qs. an Nisaa: 59.

# Qs. an Nisaa: 136-139.

# Qs. an Nisaa: 173-175.

# Qs. al Maa-idah: 83-86.

#. Qs. al An’aam: 25-39.

# Qs. al An’aam: 70.

# Qs. al An’aam: 155.

# Qs. al A’roof: 203-206.

# Qs. Yuunus: 108-109.

# Qs. Yuusuf: 1-3

# Qs. Yuusuf: 111.

# Qs. ar Ro’du: 1-4.

# Qs. ar Ro’du: 31.

# Qs. Ibroohiim: 52.

# Qs. an Nahl: 98-114.

# Qs. al Isroo: 9, 82,

# Qs. al Isroo: 105-111.

# Qs. al Kahfi: 1-2, 27, 54.

# Qs. Thoohaa: 1-8, 100-135.

# Qs. al Anbiyaa: 1-50.

# Qs. al Hajj: 54-57.

# Qs. al Furqoon: 1-6.

# Qs. asy Syu’aroo: 191-227.

# Qs. an Naml: 1-6.

# Qs. an Naml: 73-93.

# Qs. al Ankabuut: 45-66.

# Qs. Luqmaan: 1-12.

# Qs. as Sajdah: 1-3.

# Qs. Yaasiin: 1-6.

# Qs. az zumar: 1-2, 23, 41-42.

# Qs. Fuhshilaat: 53.

# Qs. Asy Syuuroo: 7.

# Qs. al Jaatsiyah: 20.

# Qs. Qaaf: 1-11.

# Qs. al Qomar: 17, 22, 32, 40.

# Qs. ar Rohmaan: 1-4.

# Qs. al Waaqi’ah: 77-96.

# Qs. al Hadiid: 1-9, 16.

# Qs. al Hasyr: 21.

# Qs. al Haaqqoh: 40-52.

# Qs. al Muzzammil: 1-9, 20.

# Qs. al Qodr: 1-5.

 

Buanyak banget ya…? Ya, pelan-pelan bacanya. Satu-satu. Tempel aja di dinding kulkas. Atau di meja kerja tugas ini. Pelajari satu hari satu poin, dan contren yang sudah dibuka. InsyaAllah dah pelan-pelan bisa selesai. Malahan kalo bener-bener dibuka, akan tambah haus.

Sampe ketemu ya. Yang rajin belajarnya ya. Insya Allah, pemahaman akan diberikan Allah buat yang sungguh-sungguh. Apalagi jika mau meminta sama Allah, alias mau berdoa minta ilmu. Mintalah juga ilmu yang diridhoi Allah dan berguna. Ok, saya doakan Saudara semua, dan Saudara doakan saya juga ya. Juga untuk orang-orang tua kita, saudara-saudara kita, anak keturunan kita, guru-guru kita, dan segenap kaum muslimin muslimat mu’minin mu’minat. Amin ya Rabb.

 

Salam
Yusuf Mansur

Part 1
Part 2

Sumber: kuliah-online.com

2 thoughts on “Al Qur’an adalah Petunjuk? – Part 2

  1. Pingback: Al Qur’an adalah Petunjuk? – Part 1 | Adeilkomipb's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s