Al Qur’an adalah Petunjuk? – Part 1

Kita sering mendengar bahwa al Qur’an adalah petunjuk. Namun ketika kita mau jual rumah kita, atau mau beli rumah, gimana tuh petunjuk yang dimaksud?

Ketika baru membuka al Qur’an, kita disuguhkan Surah al Baqarah. Ayat ke-2 nya langsung ngebut dengan pernyataan Allah yang menjadi Wahyu-Nya Yang Suci dan Benar: “Kitab ini (al Qur’an) tidak ada keraguan; petunjuk buat orang yang bertaqwa.”

Saya memohon kepada Allah Petunjuk-Nya untuk memahami ayat ini. Petunjuk yang bagaimana yang dimaksud. Dulu ketika hidup penuh dengan hutang, subhaanallaah, saya sangat-sangat butuh petunjuk dari Allah bagaimana caranya saya melunasi hutang-hutang saya. Dan sampai kapan pun saya butuh petunjuk dari Allah untuk setiap persoalan hidup yang saya hadapi. Cuma pertanyaannya adalah bagaimana petunjuk itu maksudnya?

Saya kira, demikian pula Saudara-Saudara semua. Semua butuh petunjuk dari Allah bagaimana menjalani hidup dan kehidupan ini. Dunia ini adalah tempat tinggal sementara kita. Semua butuh bekal yang banyak, yang bagus, yang diridhai Allah. Tempat tinggal yang asli adalah negeri akhir di akhirat sana. Selamat dan engganya, ya di dunia inilah tempat kita berkesempatan mencari dan mengumpulkan bekal sebaik-baiknya. Nah, dalam kerangka itu, tentu saja kita harus punya petunjuk yang bagus, yang baik, yang lurus. Al Qur’an lah jawabannya.

Hidup ini pun berisi larangan dan perintah. Pun tentang yang haram dan yang halal, dan yang ada di antara keduanya; makruh, mubah. Semuanya kalo ga ada petunjuk ya ga bisa jalan kita ini.

Allah menyediakan Petunjuk-Nya. Namanya al Qur’an. Al Qur’an pun ga sendirian. Bukan satu-satunya petunjuk. Ada lagi yang lain. Namanya al Hadits atau as Sunnah. Mempelajari al Qur’an dan as Sunnah menjadi teramat penting. Bahkan mungkin harusnya jadi pelajaran basic buat semua manusia yang hidup, yang akan mati, yang kelak akan dibangkitkan untuk diminta pertanggung jawabannya. Apapun usaha manusia untuk mempelajari al Qur’an dan as Sunnah, adalah disebutnya jalan ilmu. Asal ditempuh itu jalan ilmu dengan bismillah dan nawaitu yang baik, dengan cara-cara yang baik pula, maka itu disebutnya ibadah. Bahkan menjadi salah satu ibadah teragung. Ibadah menuntut ilmu. Apalagi kalau kemudian ada amal salehnya. Subhaanallaah, masya Allah.

Namun kiranya, pembahasan ini jika dimaksudkan menjadi pembahasan tentang al Qur’an, maka pembahasannya akan panjang kali lebar. Dan bukan pada kompetensi saya memberikan kuliah al Qur’an jika kontennya adalah menjawab kalimat-kalimat di atas.

Kuliah al Qur’an di Kuliah Online ini adalah kuliah praktis tentang al Qur’an, yang ada kaitannya dengan kehidupan sehari-hari saja. Tidak menyentuh urusan fiqih dan muamalahnya. Urusan ibadah yang dikaji pun nanti bukan wilayah teknisnya. Lebih kepada dorongan dan motivasi saja. Selebihnya saya berdoa kepada Allah, agar Saudara semua diberikan keleluasaan, kesempatan, dan kemampuan mempelajari al Qur’an seluas-luasnya, sebanyak-banyaknya, sedalam-dalamnya.

 

Salam
Yusuf Mansur

Part 1
Part 2

Sumber: kuliah-online.com

One thought on “Al Qur’an adalah Petunjuk? – Part 1

  1. Pingback: Al Qur’an adalah Petunjuk? – Part 2 | Adeilkomipb's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s