Allah Datang – Part 1

Biasanya kita yang datang kepada orang yang lebih kaya.

Ini Allah Yang Maha Kaya yang datang kepada kita.

Allah ini yang punya jagad, datang loh menghampiri kita. Setiap malam DIA datangnya. Ga tanggung-tanggung. Setiap malam. Datang membawa apa yang kita mau, datang membawa apa yang kita harapkan, datang membawa apa yang kita inginkan. DIA yang sudah teramat baik yang selalu memberikan kepada kita apa yang kita butuhkan, masih menawarkan kepada kita pengabulan atas semua doa-doa kita, pengabulan akan hajat dan maksud kita, dan menawarkan juga perlindungan-Nya untuk kita. Subhaanallaah. Untuk mereka yang paham betapa mahalnya apa yang ditawarkan Allah, ternyata rahasianya harusnya begitu mudah bagi mereka yang beriman: Bangun malam, dan kemudian shalat malam.

Tapi manusia ini memang bodoh, bahlul, bin ga ngertilah sebutannya apaan. Payah-payah dia cari rizki di siang hari. Kadang sampe mengorbankan waktu malamnya. Juga ia korbankan sabtu minggunya. Sebagai muslim yang harusnya berhari raya di hari Jum’at pun ia korbankan. Banyak fadhilah hari Jum’at yang tidak bisa ia ambil sebab ia masih mencari, mengejar dan memungut rizki di hari Jum’at itu. Hari Jum’at sama dengan hari-hari biasa lainnya. Tidak ada yang salah. Sepanjang itu juga menjadi ibadah. Namun andai ia tahu kemudahan yang Allah berikan, maka mungkin usaha kerasnya bangun malam, jadi sama kerasnya dengan usahanya di siang hari. Gitu seharusnya.

Ada kalimat kecil yang sering saya ajarkan kepada diri saya, dan kepada siapa yang mau mendengar: Rahasia kecil berburu dunia, bukan di mencari. Namun meminta. Minta sama Allah. Mencari masih ga tahu di mana adanya. Tapi kalo meminta, nanti yang punya yang akan menunjukkan di mana kita harus mencari dan mengambilnya, sehingga energinya tidak besar. Kadang-kadang malah Allah yang mengantarnya!

Ya, saya kadang menarik nafas panjang. Dunia-Nya kita kejar. Namun Pemilik dunia malah tidak kita kejar. Yang memiliki dunia datang dengan membawa dunia yang kita mau kejar, eh yang ditawari, yang sudah susah payah mencari, malah ga tahu bahwa dunia yang dicari dan dikejarnya justru lagi diantar. Kita ga kenal dengan Allah. Itulah sebabnya kita tidak mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan-Nya. Sudah mah di siang hari kita selalu telat terus shalatnya, lalai dalam shalatnya, eh, di malam hari pun masih pula kita abaikan Allah. Kasihan benar diri kita ini.

 

to be continued

Salam
Yusuf Mansur

Part 1
Part 2

Sumber: kuliah-online.com

One thought on “Allah Datang – Part 1

  1. Pingback: Allah Datang – Part 2 | Adeilkomipb's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s