Perhatian Sama Yang Wajib – Part 2

Di dalam shalat juga ada bacaan al Qur’an. Di mana setidaknya baca al Faatihah menjadi rukunnya. Lalu bagaimana pula perhatian kita sama yang wajib, bila masya Allah baca al Qur’an kita berantakan? Perhatian sama yang wajib, berhubungan juga dengan urusan yang lain. Pengetahuan akan shalat, memerlukan pengetahuan lain yang memadai akan fiqh. Fiqh thoharoh (bersuci), dan fiqh shalat itu sendiri. Belom lagi ia bersinggungan dengan hal-hal lainnya. Waba’du, makin saya lebarin pembahasan di sini, jangan-jangan makin putus asa, he he he. Engga ya? Makin semangat lah untuk mengejar ketertinggalan.

Sederhana koq. Coba luangkan waktu seperti ini. Meluangkan waktu untuk belajar. 30 menit setiap hari untuk Saudara-Saudara yang sibuk, cukuplah. Beli buku-buku tentang shalat, lalu baca bab demi bab yang termudah. Beli buku hadits. Targetin 1 hari 1-2 hadits dibaca. Kemudian miliki guru yang bisa dijadikan tempat bertanya. Jangan yang seperti saya, he he he. Guru sibuk sebutannya. Cari guru di sekitaran rumah Saudara. Pilih yang arif, yang tidak gampang menyalahkan, yang pengetahuannya tidak luas tidak mengapa, namun sama-sama mau belajarnya. Bikin diskusi-diskusi kecil bersama keluarga.

Sampe sini, saya menyadari bahwa memberikan basic pengetahuan agama kepada anak-anak kita, teramat pentingnya. Betapa sebagian dari kita adalah produk yang mungkin melewati masa kecil, kanak-kanak, dan remaja, tanpa basic agama yang cukup. Agama yang harusnya menjadi panduan hidup kita, akhirnya menjadi sesuatu yang terpinggirkan. Masya Allah.

Tentang shalat dan al Qur’an. Hal-hal yang basic-basic, harus udah selesai di pendidikan usia genting. Kayak baca al Qur’an, harus udah selesai di usia ini. Ya ga perlu jadi seorang ahli tafsir. Minimal bisa baca dengan baik lah.

Saya pun berupaya memikirkan untuk membuat tim yang membuat fiqh keseharian. Yang ringan-ringan, namun dipake di masyarakat. Sederhana saja. Yakni dengan menggali pertanyaan-pertanyaan di masyarakat, dan memberikan jawabannya yang komprehensif. Atau ga ada yang nanya, saking ga tahunya? He he he. Contoh: Kalo shalat shubuh kesiangan, apa yang mesti dilakukan? Kalo habis berhubungan suami istri, lalu belom mandi, sedang bangunnya juga kesiangan, kudu gimana? Kalo 2-3x Ramadhan ga puasa, maka apa yang harus dilakukan di Ramadhan yang ke-4? Fidyahnya seperti apa besarannya? Seorang perempuan haidh, bersih di jam 20.00. Males mandi. Baru mandi keesokan harinya, alias lewat isya lewat shubuh. Apakah hal ini dibenarkan? Bagaimana sih berwudhu yang benar? Tau cara bertayammum? Hal-hal keseharian dah. Sampe pertanyaan yang mungkin ukurannya gawat: Pernikahan beda agama, dan lain sebagainya.

Duh duh duh, kiranya bener-benerlah saban hari sekarang mah kudu banyak belajar. Belajar agama. Belajar urusan-urusan yang wajib-wajib. Sebab kita semua ini bakal pulang kampung. Ke kampung akhirat.

Jangan malu belajar agama lagi. Meski dari enol. Jangan malu belajar al Qur’an, meski dari alif ba ta. Jangan sungkan belajar fiqh. Meski dari bab bersuci. Jangan malu. Supaya kita selamat juga hidup. Selamat sebab tau aturan-aturannya Allah. Sementara itu, bukan tempatnya bila di Kuliah Online ini dijabarkan semua hal. Sekali lagi saya menganggap ya Kuliah Online itu ya seperti ini sifatnya: Mengingatkan, Memotivasi, Memberi Spirit, Memberi Inspirasi, dan sedikit membahas hal-hal teknisnya. Saya menganggap bahwa kuliah sesungguhnya ya ada di kehidupan sesungguhnya. Bersama guru-guru yang sebenarnya; halaqoh-halaqoh pengajian, majelis-majelis ta’lim, guru-guru yang alhamdulillah di Indonesia masih banyak, buku-buku agama yang Saudara bisa langsung buka dari a s/d z tanpa menunggu jadwal kuliah, dan seterusnya.

Kita sama-sama berdoa ya. Semoga Allah memberikan kita jalan ilmu dan kemudahan belajar. Amin. Dan berdoa pula semoga yang kita pelajari di usia-usia kita begini adalah bener-bener sesuatu yang bermanfaat bagi hidup kita di dunia dan di akhirat. Sekali lagi, amin.

 

Salam
Yusuf Mansur

Part 1
Part 2

Sumber: kuliah-online.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s