Konsisten Dalam Mendesign Web

Salah satu syarat design web yang bagus adalah konsisten, baik dalam hal bahasa, warna, bentuk, tulisan, dan lain-lain. Coba perhatikan halaman web PLN di bawah ini.



Pada lingkaran warna hitam terdapat link-link ke halaman yang kita tuju dan link-link tersebut berwarna biru. Namun pada lingkaran warna merah terdapat juga tulisan berwarna biru namun itu bukanlah sebuah link. Bahkan pada lingkaran berwarna biru terdapat tulisan berwarna hitam yang ternyata itu adalah sebuah link. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa tidak konsistennya dalam pemberian warna pada link.

Lalu coba kita lihat ke menu utama yang telah dilingkari warna kuning. Pada saat saya mengarahkan kursor ke menu kedua (Pelayanan Pelanggan) menu salanjutnya muncul di sebelah kiri. Untuk yang ini saya rasa tidak bermasalah.

Namun saat saya mengarahkan kursor ke menu TDL menu selanjutnya muncul disebelah kanan. Menu yang muncul akan menutupi menu utama, untuk hal ini menurut saya kurang bagus. Lebih baik menu selanjutnya itu muncul di sebelah kiri, sehingga tidak menutupi menu utama atau menu yang ada.

Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi alamat http://www.pln.co.id/

Silahkan liat tulisan ini sebagai masukan atau saran

11 thoughts on “Konsisten Dalam Mendesign Web

  1. Walaupun cuma baca sekilas, saya dapat melihat kefrustasian pengguna karena bingung mana yang merupakan link ke halaman lain mana yang bukan.
    Ini membuat pengguna sulit mencari informasi yang ingin dia dapatkan.

  2. aslinya jadi bikin bingung y klo g konsisten kaya gt…
    tapi mungkin tadinya sang pembuat web itu pengen ngasih nilai estetika yang lebih, makanya dia pake warna yang warna-warni…mungkiinn tapi nya y,,,hehheh
    eh btw2 saia baru tau de klo web nya PLN pake warna-warni gt..hehehhe
    saia tau sekarang… 😀

  3. analsis yang bagus…mungkin penyebab ketidakkonsistenan itu karena space yang tidak cukup jika ke kanan semua, nah..saat menunya ternyata panjang dia jadi kekiri. jadi sebenarnya yang agk aneh adalah posisi menu yang di kanan atas yang berpotensi seperti kasus tersebut. satu lagi hal yang buat saya aneh, saat warta pln nya, saat kursor diarahkan ke judul maka berubah warna tapi tidak untuk di info di sebelah kanannya. :-p

  4. warna juga sebenarnya menjadi tolak ukur menariknya tampilan suatu situs,jika hal ini diabaikan maka tampilan yang ada justru akan menjadikan situs tersebut kurang menarik untuk dikunjungi serta berakibat pada turunnya minat pembaca dan tidak terdistribusinya informasi secara merata…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s